Tips memilih Homeschooling di Jakarta
Tips memilih Homeschooling di Jakarta

Tips memilih Homeschooling di Jakarta

Homeschooling atau juga dikenal dengan sekolah rumah, yang belakngan ini semakin menjadi pendidikan alternatif yang banyak diminati di Indonesia. Ada banyak alasan orang tua memilih metode ini, selain dikarenakan jauh dari rumah serta banyaknya kegiatan, proses belajar dan kurikulum yang fleksibel juga menjadi salah satu faktor orang tua memilih homeschooling untuk anak mereka. Homeschooling dipilih dengan tujuan untuk menyelenggaran kegiatan belajar secara mandiri yang dapat dilakukan di rumah atau tempat lain denga suasana yang nyaman dan kondusif sehinggal potensi pada anak bisa berkembang secara maksimal.

Baca juga: Homeschooling BSD

Program yang ada di homeschooling berbeda dengan sekolah umum pada umumnya, dimana seluruh komponen pembelajaran telah disiapkan oleh penyelenggara pendidikan. Sedangkang homeschooling para orang tua sendiri yang akan menyusun kurikulum dan perangkat pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum nasional. Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk melakukan riset mengenai pembelajaran terlebih dahulu melalui lembaga, atau praktisi homeschooling yang sudah berpengalaman.

Tips memilih Homeschooling

Pemilihan Homeschooling yang baik untuk Anda yang dipertimbangkan secara matang. Lalu apa saja tips sebelum memilih lembaga homeschooling untuk anak? Berikut ini ulasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih lembaga homeschooling di jakarta

1. Peraturan dan tujuan homeschooling

Sebaiknya Anda harus mengetahui tujuan homeschooling terlebih dahulu sebelum memilih homeschooling yang tepat untuk anak. Usahakan tujuan mengambil program ini untuk mengembangkan potensi anak sesuai dengan bakat dan minat anak. Selain itu alangkah baiknya Anda harus mengetahui peraturan pemerintah mengenai program homeschooling.

2. Mencari referensi

Sebagai orang tua sebelum mencari dan memilih lembaga homeschooling yang tepat untuk anak, sebaiknya mencari berbagai referensi mengenai homeschooling. Anda bisa mencari informasi melalui internet, bergabung dengan berbagai forum online, dan ikut komunitas homeschooler (orang tua) yang menjadi wadah berbagi dan bertukar informasi di antara para orang tua.

3. Memilih kurikulum dan metode belajar yang tepat

Metode pembelajaran yang diterapkan pada lembaga homeschooling berbanding terbalik dengan sekolah normal, dimana orang tua memiliki wewenang untuk memilih dan menyusun kurikulum serta metode belajar yang tepat sesuai dengan usia anak, perkembangan, minat dan bakat anak.

4. Diskusi pada anak

Sebelum memilih lembaga homeschooling buat anak, sebaiknya mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan anak mengenai lembaga homeschooling, kebutuhan anak pada tutor maupun tutor homeschooling. Baik anda dan juga anak Anda memiliki kesepakatan yang baik demi menunjang proses belajar mengajar dan anak akan merasa nyaman selama proses belajar.

 5. Pertimbangkan biaya

Biaya merupakan salah satu faktor yang paling penting sebelum memilih homeschooling, karena akan mempengaruhi perihal biaya yang akan dikeluarkan selama program homeschooling berlangsung.

6. Ajari anak bersosialisasi

Selain di bidang akademik, sebaiknya anak juga perlu diajaran untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Jangan sampai anak hanya diam di rumah dan tidak bersosialisasi dengan lingkuangan sekitar. Dengan waktu yang fleksibel, orang tua bisa mengikutsertakan anak dengan kegiatan yang mengasah ketrampilan non akademis. Sehingga anak bisa berinteraksi dengan teman-teman dan pengajar untuk mengasah sosial skillnya.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Homeschooling

Sebaiknya Anda harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan lembaga ini agar bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan anak sebelum memutuskan untuk memilih program homeschooling. Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan homeschooling:

Kelebihan

1. Waktu belajar yang fleksibel

Homeschooler (orang tua), anak dan pengajar dapat berdiskusi untuk menentukan jadwal belajar yang tepat. Karena waktu belajar yang fleksibel maka dapat menentukan durasi lama waktu belajar anak dalam sehari. Tidak hanya waktu yang fleksibel, tetapi anak juga bisa menentukan mata pelajaran dan lokasi belajar yang diinginkan.

2. Anak lebih mudah untuk dipantau

Dengan mengikuti program homeschooling orang tuang akan mengetahui kekurangan dan kelebihan anak, serta dapat mengarahkan karakter anak secara tepat.

3. Anak bisa mengembangkan bakatnya

Program homeschooling akan membuat anak bisa mengembangkan bakatnya. Anak akan menjadi lebih kreatif, lebih bebas berkreasi dan fokus dengan kegiatan yang sedang dijalankan supaya lebih terarah. Sehingga anak akan menjadi lebih bebas mengekspresikan yang ada di dalam pikirannya.

4. Anak menjadi lebih cepat berkembang

Dengan program pengajaran dalam bentuk diskusi dengan tutor sangat efektif membuat anak tidak ragu untuk bertanya apabila ada pelajaran yang tidak dikertahui, serta mencari solusi dalam menyelesaikan sesuatu yang sulit. Hal tersebut akan membuat anak menjadi lebih berkembang dan dapat mencerna informasi secara lebih baik dari pengajar.

Kekurangan

1. Belum ada standar kurikulum

Saat ini program homeschooling belum terdapat kurikulum tetap yang wajib digunakan selama proses pembelajaran. Anak yang mengikuti sistem homeschooling pada umumnya dianjurkan untuk mengikuti ujian kesetaraan yang biasa disebut dengan ujian paket C sebagai Ujian Nasional.

2. Lingkup pergaulan anak yang terbatas

Program homeschooling hanya memfokuskan interaksi antara anak dengan orang tua atau pengajar. Sehingga interaksi anak dengan teman sebaya sangat sedikit. Biasanya anak yang mengikuti program ini cenderung lebih pendiam dan sulit bergaul. Orang tua bisa membuat jadwal belajar homeschooling dengan kegiatan lainnya secara berdampingan, sehingga anak tidak merasa terasingkan dalam hal pergaulannya.  Bagaimana sudah siap menjadi homeschooler? Dengan mengikuti beberapa tips memilih homeschooling membuat orang tua tidak akan salah dalam menentukan pilihan. Kami merupakan lembaga les privat guru datang ke rumah, bimbel, dan homeschooling terbaik di Jakarta. Lembaga ini menyediakan tutor berpengalaman yang dapat mengantarkan anak anda untuk mengembangkan bakat mereka. Jika berminat bisa menghubungi 0896-5331-2998

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *